Minggu, 18 Januari 2015

PKK KOTA Dan IKABOGA Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Abon Ayam Dan Kue Di Desa Model


Jumat, 05/12/2014 Singkawang, Info Publik - Tim Penggerak PKK Kota Singkawang bekerjasama dengan DPC IKABOGA Kota Singkawang menyelenggarakan pelatihan diersifikasi pangan dan pengolahan abon ayam kampung dan kue dengan bahan dasar pisang, pada masyarakat Desa Model Kelurahan Sungai Bulan, Singkawang Utara, Kamis (27/11) sore.

Dalam sambutannya Ketua TP. PKK PKK Kota Singkawang yang disampaaikan oleh Sekretaris Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Ny. Gati Kristiani mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dengan biaya dari Tim Penggerak PKK Kota Singkawang.

Dia mengharapkan agar para kader PKK di Desa Model bisa mengikuti dengan serius, sehingga bantuan baik yang berupa materi maupun pengetahuan dan keterampilan yang selama ini sudah diterima oleh masyarakat di Desa Model, yang diberikan oleh SKPD di Pemerintah Provinsi maupun Kota Singkawang maupun TP. PKK Kota Singkawang bisa diterapkan dalam menunjang peningkatan taraf hidup masyarakat di Desa Model.

“Kelurahan Sungai Bulan diberi kepercayaan dengan ditunjuk sebagai desa Model, hal ini merupakan anugerah dan harus disyukuri dengan cara apa yang sudah diberikan agar bisa diterapkan dan dikembangkan secara maksimal. TP. PKK Kota Singkawang sebagai fasilitator dan mediator, bantuan yang bisa diberikan tentu tidak bisa berupa uang segar karena keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh TP. PKK Kota Singkawang, namun berupa pembinaan, keterampilan, administrasi, dan beberapa sarana penunjang” kata Gati.

Ketua Pokja lll TP. PKK Kota Singkawang sekaligus Ketua DPC IKABOGA Kota Singkawang, Istri Handayani, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah program kerja di Pokja lll. Dengan pelatihan ini diharapkan potensi-potensi lokal khususnya potensi bahan pangan bisa dimanfaatkan dan diberdayakaan dengan optimal, sehingga bisa meningkatkan derajat kesehatan, derajat hidup dan peningkatan kualitas SDM.

“Di daerah Desa Model hampir seluruh masyarakatnya memelihara ayam kampung dan memanfaatkan pekarangannya dengan menanam pisang. Kita berkolaborasi dengan IKABOGA sebagai nara sumber, menyelenggarakan pelatihan pembuatan abon ayam kampung dan kue dengan bahan dasar pisang. Dengan keterampilan tersebut, diharapkan masyarakat bisa mengembangkan menjadi hasil produksi dan dijual ke masyarakat. Lebih jauh, diharapkaan masyarakat bisa mengembangkan dengan membuat abon lele, abon kelinci, dll. Karena dari hasil pembinaan pemberian lele, kandang dan pakan yang diberikan SKPD Pemprov maupun Kota Singkawang berhasil dengan bagus, dan hal tersebut sangat memungkinkan jika masyarakat bisa memproduksi abon lela, begitu juga kelinci” kata Istri.

Lebih lanjut Istri menjelaskan bahwa dengan pelatihan yang diberikan oleh TP.PKK Kota Singkawang saja tidak cukup, diharapkan SKPD terkait bisa memberikan bantuan pembinaan, seperti packing, strategi pemasaran, dan lain-lain.

Lurah Sungai Bulan, Dilhan, merasa bersukur dengan pelatihan tersebut, dengan pelaatihan yang diselenggarakan TP.PKK Kota Singkawang bisa menambah wawasan dan keterampilan masyarakatnya. Sebagai pembina dan dewan penyantuan, dia berharap agar pembinaan desa model bisa ditingkatkan untuk masa yang akan datang.

 http://www.kalbarprov.go.id/berita.php?id=4656

Tidak ada komentar:

Posting Komentar