Minggu, 18 Januari 2015

GOW Kota Singkawang berkunjung ke Lapas

GOW Kota Singkawang

Singkawang, InfoPublik – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Singkawang melakukan berbagai kegiatan kunjungan ke pasien kelas III RSU Abdul Azis Singkawang, silaturahmi ke penghuni LP Perempuan, sekaligus menghadiri ulang tahun Lapas ke-50, dalam rangka memperingati Hari Kartini Tahun 2014.

Ketua GOW Kota Singkawang Hj. Agustina Abdul Muthalib, mengatakan sebagai wadah dari organisasi wanita yang ada di Kota Singkawang, GOW Kota Singkawang merayakan Hari Kartini dengan berbagai kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat, khususnya perempuan.

Hj. Agustina Abdul Muthalib mengemukakan hal tersebut, di sela kunjungan kepada salah satu pasien dari keluarga kurang mampu atas nama Julian (2 tahun), warga Parinto, Kecamatan Singkawang Timur, yang mengidap Hydro Chephallus dan dirawat di kelas lll Rumah Sakit Abdul Azis Singkawang, Minggu (27/4)
“Salah satu kegiatan yang kita laksanakan antara lain, anjangsana pada masyarakat kurang mampu yang diberi cobaan sakit, seperti keluarga Rahmad ini. Anaknya yang berumur 2 tahun, sejak umur 3 bulan dia terkena penyakit Hydro Chephallus.

Sebagai wujud kepedulian, kita anjangsana, memberikan doa agar keluarga ini kuat dan segera diberi kesehatan, sekaligus menyampaikan tali asih berupa bantuan dana yang bersumber dari sumbangan para pengurus GOW Kota Singkawang,” ungkap Agustina.

Lebih lanjut Agustina mengungkapkan, sedianya peringatan Hari Kartini diawali dengan senam sehat dan senam aerobic bersama-sama dengan masyarakat, di halaman Mess Daerah, namun salah satu agenda ini terpaksa batal, karena adanya pemadaman listrik.

Agenda pertama pada hari ini adalah senam, yang dikerjasamakan dengan NN Studio di halaman Mess Daerah, namun batal karena adanya pemadaman listrik. Senam sehat bersama dengan masyarakat ini, sudah berjalan bertahun-tahun, dan Alhamdulillah masyarakat sudah mulai punya kesadaran pentingnya menjaga kesehatan melalui olahraga.

Selain anjangsana ke pasien kurang mampu, Pengurus GOW Kota Singkawang juga melakukan silaturahmi ke Lembaga Pemasyarakatan. Kunjungannya kali ini, untuk melihat langsung potensi dan kemampuan para penghuni LP perempuan dalam olah seni tari, seni suara dan keterampilan.

Wakil Ketua GOW Kota Singkawang, Rosita Nengsih, mengatakan kunjungan yang dilakukan memberi semangat para penghuni LP perempuan, sekaligus meningkatkan silaturahim dengan cara akan bersama-sama LP melakukan kerjasama dalam pembinaan kepada masyaakat yang sedang dibina di LP.
“Sebagai organisasi dengan kepengurusan dan anggotanya terdiri dari perempuan semua, sudah sewajarnya kita peduli dengan sesama kaum kami,” katanya.

Oleh karena itu, meskipun GOW Kota Singkawang pada tahun ini, tidak mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Daerah, bukan berarti kita tidak menjalankan peranan organisasi kita sebagai mitra pemerintah.
Dengan semua potensi yang kita miliki, kita mencoba akan berbagi dengan masyarakat dengan cara kami, misalnya berbagi pengetahuan, keteramilan, perhatian, dll” kata Rosita yang juga ketua LBH Peka ini.
Lebih lanjut Rosita mengatakan, dalam waktu dekat GOW Kota Singkawang akan bekerjasama dengan IKABOGA Kota Singkawang memberikan pelatihan di bidang kuliner kepada penghuni Lapas perempuan.
“Kebetulan selain sebagai wakil ketua GOW Kota Singkawang, saya juga wakil ketua Ikaboga Kota Singkawang, dalam waktu dekat kita akan melakukan pelatihan masak memasak,” katanya.
Dengan kegiatan tersebut, diharapkan saudara saudara kita yang sedang menjalankan pembinaan di LP ini, bisa menambah keterampilan yang diharapkan bisa bermanfaat ketika mereka keluar dari LP. (ist/toeb)
Sumber : infopublik.kominfo.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar