Jumat, 22 April 2016

Membuat Mie Bayam Sendiri di Rumah Lebih Sehat dan Enak


Mie Bayam

Mie Bayam - Hari minggu kemarin saya belajar membuat mie bayam. Sesuai janji kali ini disertakan tutorialnya. Walopun ga semua step sempat diabadikan. Harap maklum ya, membuat makanan dengan bantuan asisten koki balita itu sangat menyenangkan (baca: merepotkan). Apalagi dibagian giling menggiling mie, Zetta bahkan ga mau menggeser posisinya demi ikut memutar tuas penggiling grin.

Sekarang siapkan Bahan-bahan mie. Resep Mie bayam banyak banget yang bisa dicontek. Ada yang menggunakan pasta bayam (bayam beserta airnya), ada juga yang hanya sarinya saja. Nah yang saya buat hanya air sarinya saja.

Resep mie bayam yang saya gunakan

Bahan - bahan
150 gram tepung terigu protein tinggi
20 gram maizena
25 gram bayam dan 1 sendok makan air, diblender
1 butir telur bebek (saya menggunakan telur ayam ukuran jumbo
1/2 sendok teh garam (garam saya skip sesuai dengan petunjuk pemakaian di alat mie merk vicenza yang melarang penggunaan garam. Saya kurang tau kenapa, tapi mungkin supaya mesin lebih awet dan tidak karatan. Garam dimasukkan dalam air rebusan mie, bukan didalam adonan mie).
Tepung sagu, sedikit saja untuk taburan.

Jadi penggunaan garam sesuaikan dengan alat mienya ya. Misalnya yang menggunakan oxone pasta maker, penambahan garam di adonan tentu tidak masalah.

Cara Mambuat Mie Bayam
  • Persiapkan air Sari bayam yang sudah Diblender dan disaring/diperas.
  • Campurkan terigu, maizena, telor, dan bayam. Aduk rata. Penggunaan air bayam sesuaikan dengan kelembaban tepung. Masukkan sedikit demi sedikit jangan langsung banyak sekaligus. Jika dirasa sudah cukup, hentikan penggunaan air bayam.
  • Adonan siap diolah. Tidak perlu diuleni sampai elastis. Cukup sampai kalis saja (tidak lengket). Sekarang siapkan alat mie dan serbet/kain untuk meletakkan mie.
  • Pertama, bagi adonan menjadi tiga atau empat bagian. Ini untuk pemula ya, kalau sudah expert cukup dibagi 2 saja. Ambil satu bagian. Masukkan ke alat penggiling mie pada posisi nomor 1 (penggiling mie biasanya sampai nomor 8). Makin besar nomor makin rapat (makin tipis) adonan yang dihasilkan. Nah ini hasil adonan pertama mie digiling. Taburi permukaan mie dengan sedikit sagu. Biasanya di alat mienya juga saya taburkan sedikit sagu.
  • Lipat adonan seperti di gambar dan masukkan lagi ke penggiling. Lakukan terus menggiling di nomor 1 sampai 10 kali.
  • Setelah selesai nomor 1, pindahkan ke nomor 2. Giling sebanyak 5 kali. Pindahkan ke nomor 3, giling lagi sebanyak 5 kali. Terus di ulang sampai nomor 6. Adonan akan semakin halus, panjang, dan tipis.
  • Setelah selesai digilas, letakkan adonan diatas serbet/kain bersih. Boleh taburi sedikit tepung di serbet.
  • Ambil lagi adonan mie yang masih berupa gumpalan. Lakukan penggilingan lagi. Jangan lupa kembalikan alat mulai dari knomor 1 lagi.
  • Setelah semua adonan diproses, sekarang letakkan alat pemotong mie. ambil 1 adonan panjang, kemudian proses dengan alat pemotong. Ada 2 pilihan mau yang ceper lebar atau yang seperti lidi.
  • Mie selesai dan siap diolah. Jangan lupa bersihkan langsung peralatan mie setiap kali selesai membuat mie.

Mie bayam bisa disimpan di freezer selama 2 minggu. Sengaja saya gulung per porsi agar mudah mengambil sesuai kebutuhan. Jika keesokan harinya mau digunakan, malam harinya keluarkan mie dan pindahkan dari freezer ke kulkas bawah.

Foto & Resep by : Bunda Lies Surya
 http://resepmasakandapurindonesia.blogspot.co.id/2016/03/membuat-mie-bayam-sendiri-di-rumah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar