Senin, 15 Juli 2013

Makan Hati Sapi Bisa Bantu Tingkatkan Daya Ingat


thumbnail Foto: Thinkstock

Senin, 15/07/2013 15:08 WIB
Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood

Jakarta - Selain dagingnya, bagian hati sapi juga bernutrisi tinggi. Teksturnya lebih padat dan kenyal serta gurih. Menurut sebuah studi baru, kandungan kolin dan vitamin B pada hati sapi bisa meningkatkan memori otak.

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para ilmuan di University of Granada, Spanyol, Simon Bolivar University di Venezuela dan University of York, berhasil mengungkapkan manfaat kolin yang ada di dalam hati sapi.

Pada studi ini tim peneliti melibatkan beberapa tikus percobaan. Masing-masing tikus diberikan makanan kaya kolin dan vitamin B. Seperti telur ayam, hati sapi, kedelai dan gandum. Dengan cermat tim peneliti mempelajari efek kedua nutrisi ini pada tikus dewasa yang sedang hamil.

Tikus yang diberi diet kolin selama masa kehamilan, ternyata kolin yang dikonsumsi sangat mempengaruhi memori otak pada janin yang dilahirkan. Bahkan efek positif ini dirasakan hingga anak tikus mencapai dewasa.

Untuk menguji tingkat memori otak tikus, tim peneliti menampilkan beberapa objek agar mereka meningatnya. Setelah 48 jam lamanya, ternyata tikus yang diberikan diet kolin cenderung mudah mengingat objek yang ditampilkan sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan kelompok tikus yang diberikan diet standar dan diet kurang asupan kolin, justru tidak bisa mengenali objek yang ditampilkan pada 48 jam sebelumnya. Dengan demikian, para ilmuan menyimpulkan jika asupan kolin dapat membantu meningkatkan memori otak dalam jangka panjang.

Selain itu, tim peneliti juga mengukur perubahan pada tikus dewasa yang diberikan suplemen kolin selama 12 minggu. Kemudian akan dibandingkan dengan tikus yang tidak mendapat asupan kolin. Hasilnya tikus yang diberikan suplemen kolin cenderung lebih perhatian dan stimulusnya lebih aktif.

Penelitian ini telah berhasil membuktikan, jika kolin yang banyak terdapat di dalam hati sapi bisa meningkatkan memori otak. Studi inipun telah diterbitkan dalam jurnal Nutritional Neuroscience dan Behavioural Brain Research.

(odi/dyh)
 
 http://food.detik.com/read/2013/07/15/150859/2303122/900/makan-hati-sapi-bisa-bantu-tingkatkan-daya-ingat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar