Minggu, 30 Desember 2012

DKP Kota Singkawang Gelar Lomba Masak Ikan









Singkawang, 24 Desember 2012 (Media Center) Dinas Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan kegiatan Lomba Masak Serba Ikan, lomba melukis antar Sekolah Dasar dan bersih pantai, bertempat di Pasair Panjang,  Minggu (23/12).
Kegiatan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Nusantara ke XIII Tahun 2012, dan dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Ny. Hj. Agustina Abdul Muthalib, unsur Forkopimda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Singkawang, Hendryan, pejabat dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Kalimantan Barat, dll.
Ketua penyelenggara Edi Prawoko, S.H dalam laporannya menyampaikan maksud diselenggarakannya kegiatan tersebut, antara lain untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan masyarakat tentang wawasan maritim.
“tujuan dari kegiatan ini diharapkan bisa menanamkan kecintaan akan produk olahan perikanan dan wawasan maritime dan meningkatkan pemahaman akan nilai gizi/nutrisi dari produk perikanan” kata Edi.
Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Agustina,  mengatakan kegiatan lomba memasak serba ikan mengungkapkan, Kota Singkawang sangat memiliki potensi ikan. Dengan lomba tersebut diharapkan bisa memacu  masyarakat  untuk lebih berinovasi dalam membuat hasil olahan dari ikan, dan secara tidak langsung bisa memberikan dampak peningkatan kesehatan dan kualitas SDM, serta bisa memberikan peluang usaha dan pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan dan pengusaha (home industry).
Dewan yuri lomba memasak serba ikan yang terdiri dari Istri Handayani dari IKABOGA, Yus Mulyadi dari PHRI dan Susan dari Dinas Kesehatan Kota Singkawang memberi waktu 90 menit kepada peserta lomba, untuk menyiapkan, mengolah dan menyajikan makanan yang akan disajikan dalam lomba.
Ketua Dewan  Yuri, Istri Handayani mengatakan mayoritas peserta sudah memiliki potensi dalam berkreasi atau menciptakan resep dengan bahan dasar ikan.
“melalui lomba ini akan memberi dampak peningkatan kreativitas para peserta dalam menciptakan resep dengan bahan dasar ikan. Rata-rata peserta sudah menghasilkan hasil olahannya yang kreatif, dengan rasa yang enak. Namun begitu masih perlu ditingkatkan pembinaan bagi para peserta dalam menyajikan makanan dan memilih menu sesuai dengan kebutuhan gizi dan kalori yang diperlukan oleh keluarga, sesuai dengan ketetapan dari panitia” ujar lstri.
Berdasarkan hasil penilaian Dewan Yuri, telah ditetapkan tiga pemenang dari Hasil Lomba Masak Ikan antara lain Juara l diraih oleh Tim utusan dari Gabungan Organisasi Wanita Kota Singkawang, juara ll dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Singkawang Selatan dan juara ke tiga diraih oleh Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) Kota Singkawang.

1 komentar: